Senin, 02 Januari 2017

Efektifitas Pelaksanaan Metode Lafzhiyah pada Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an (Juz ‘Amma) di Madrasah Diniyah

Efektifitas Pelaksanaan Metode Lafzhiyah pada Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an (Juz ‘Amma) di Madrasah Diniyah

Metode mengajar merupakan alat untuk menggerakkan anak agar dapat memanaki bahan anakan.

Guru akan bisa menggerakkan anak dengan baik jika metode mengajar yang digunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak, baik secara berkelompok maupun secara individual.

Dalam mengajar, guru tidak perlu memaksa anak untuk bergerak dalam aktifitas belajar menurut acuan dalam metode yang digunakan.

Pemaksaan tidak akan menghasilkan gerak, bahkan akan merusak perkembangan anak.

Guru hendaknya mahir membangkitkan motivasi instrinsik anak.

Penetapan motode dalam melaksanakan proses belajar-mengajar, guru sebaiknya lebih dahulu mempertimbangkan tingkat kepribadian dan penguasannya terhadap suatu metode.

Metode Lafzhiyah termasuk metode dalam pembelajaran Al-Qur’an, penerapannya dilakukan dengan cara pemberian arti terhadap kata demi kata pada susunan ayat Al-Qur’an.

Metode ini dimaksudkan agar siswa lebih mudah memahami dan menghafalkan arti dari ayat-ayat Al-Qur’an, khususnya dalam juz 'Amma.

Melalui metode ini siswa akan mampu mengartikan ayat-ayat Al-Qur’an secara global dalam satu ayat, selain itu siswa juga bias mengetahui arti kosa-kata (lafazh-lafazh) dalam ayat tersebut.

Download File Skripsi


0 komentar:

Posting Komentar