Senin, 02 Januari 2017

Penerapan Metode Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A MTs Negeri

Penerapan Metode Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A MTs Negeri

Guna membangkitkan minat belajar siswa dalam membangun pribadi yang bergotong royong, maka metode Cooperative Learning sangat mendukung siswa agar dapat mengerjakan tugas dari guru dengan pasangan kelompoknya yang mana masing-masing anggota mempunyai rasa tanggung jawab yang diberikan oleh guru.

Dengan penerapan metode ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan hasil belajar khususnya peningkatan kemampuan dan sikap siswa dalam bergotong-royong.

Penelitian PTK ini diakhiri dengan saran-saran sebagai berikut :

1) Dalam sistem pengajaran, guru hendaknya menentukan metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini tentunya harus melihat dan memperhitungkan beberapa aspek, seperti kemampuan guru terhadap metode yang digunakan, alat dan bahan yang digunakan.

2) Dalam aplikasiannya, metode Cooperative Learning hendaknya ditunjang dengan media yang baik dan kegiatan eksperimen karena dapat memberikan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman belajar secara langsung terhadap siswa.

3) Metode Cooperative Learning hendaknya dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain.

4) Sebelum melakukan atau melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan metode cooperative Learning ini, guru hendaknya mempersiapkan dengan baik dan mengevaluasi terhadap prosedur yang akan dilakukan agar tidak terjadi kesalahan.

Download File Skripsi


0 komentar:

Posting Komentar